Penulis: Raden Ajeng Miskah (X MIPA 6)

7 Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan: Hindari Produk Berbasis Minyak -  Tribunnews.com Mobile
Merawat kulit (tribunnews.com)

Jakarta Selatan – Skincare pasti sudah tidak asing di kalangan remaja, apalagi sekarang skincare juga banyak sekali jenisnya. Eits, sebelum terjun ke dunia skincare sebaiknya kita harus mengetahui jenis kulit kita. Dengan begitu, kita dapat mengetahui perawatan apa yang kita butuhkan. Yuk, kenali jenis-jenis kulit dan cara merawatnya!

  • Kulit normal

Jenis kulit normal memiliki kelembapan dan kekenyalan yang cukup karena seimbangnya kandungan air dan minyak dalam kulit. Jenis kulit ini tidak terlalu sensitive, memiliki sedikit atau tidak ada masalah kulit, pori-pori kecil, dan cenderung mudah dirawat. Untuk merawatnya bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet serta menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah secara rutin.

  • Kulit berminyak

Jenis kulit berminyak cenderung terlihat mengkilap. Hal ini dikarenakan produksi sebum yang berlebih. Sebum sebenarnya berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit, tetapi jika produknya melebihi batas normal akan mengakibatkan wajah berminyak, pori-pori tersumbat, dan mudah berjerawat. Penyebab kondisi kulit berminyak biasanya muncul dari faktor genetik, stres, atau perubahan hormon. Untuk merawatnya bisa dengan mencuci muka 2x sehari, memakai toner setelah mencuci muka, serta menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

  • Kulit kering

Jenis kulit kering memiliki pori-pori kecil, permukaan luar kulit terlihat kasar, mudah memerah, dan cenderung kusam karena rendahnya tingkat kelembapan kulit. Hal ini dapat diakibatkan oleh faktor genetik, usia, perubahan hormon, cuaca dingin, dan paparan bahan kimia pada produk pembersih kulit. Untuk merawatnya bisa menggunakan bahan-bahan yang bisa melembabkan kulit dan hindari produk yang mengandung alkokol dan pewangi. Karena produk yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, sebaiknya mengaplikasikan hydrating toner setelah mengaplikasikan produk yang mengandung alkohol agar mengurangi dampak buruk yang bisa timbul pada kulit.

  • Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi merupakan campuran dari jenis kulit berminyak dan kering. Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit ini cenderung memiliki kulit berminyak di T-zone (area dahi, hidung, dan dagu) dan kering di area pipi. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh faktor genetik dan perubahan hormon. Untuk merawatnya bisa menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk kulit kombinasi, seperti produk berbasis air dan memiliki tekstur lembut serta hindari produk yang mengandung alkohol.

  • Kulit sensitif

Seperti namanya, jenis kulit ini sangat sensitif dan mudah iritasi. Kulit sensitif mudah gatal, kering, mengalami kemerahan dan mudah terkelupas.  Orang yang memiliki jenis kulit sensitif harus mengetahui apa yang dapat memicu alerginya dan untuk merawatnya hindari produk yang mengandung alkohol dan pewangi dan tidak menggosok wajah terlalu kencang saat sedang cuci muka. Dengan begitu, apabila memiliki kulit sensitif disarankan untuk memilih skincare dengan memperhatikan kandungan aktifnya. Sebaiknya memilih produk yang bersifat hypoallergenic atau yang dapat mengurangi risiko kulit kering tanpa menyebabkan kulit iritasi serta gunakan produk yang memiliki lebih sedikit bahan kimia dan lembut di kulit.

Itu tadi merupakan jenis-jenis kulit dan cara merawatnya ya guys. Ketika berbelanja, jangan main pilih produk mahal saja. Pastikan memilih produk yang tepat sesuai dengan tipe kulit. Dengan begitu, kulit tetap terjaga karena pemilihan skincare yang sudah tepat!