Penulis : Azlika Kiara Feryasha (X-F)

Jakarta Selatan ─ Lomba Keterampilan Baris Berbaris Skynation kembali diselenggarakan pada tanggal 4-5 Mei 2024. Dengan berkolaborasi bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, OSIS SMA Labschool mengadakan perlombaan Skynation yang terbuka untuk ajang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA se-Jabodetabek. Masing-masing perwakilan mengejar piala MPR dengan jumlah total hadiah sebesar 22 juta ribu rupiah.

Hari pertama Skynation 2024 yang dilaksanakan di SMA Labschool Kebayoran dibuka dengan apel para peserta, laporan ketua pelaksana oleh Ruby, serta sambutan dari Bapak Doni Handriansyah selaku wakil kepala sekolah SMA Labschool Kebayoran. Para peserta mengikuti apel dengan saksama. Setelah acara resmi dibuka, para peserta diarahkan untuk masuk menuju ke ruangan masing-masing yang telah disiapkan.

SMA Labschool Kebayoran menjadi peserta pertama yang unjuk gigi dalam perlombaan Skynation ini. Mereka berhasil memukau para penonton dan juri dengan penampilannya yang menarik. Setelah SMA Labschool Kebayoran, beberapa SMA lain juga tak kalah keren dalam menunjukkan aksinya.

Jam menunjukkan pukul 8.00, perlombaan dihentikan sementara. Para peserta dan panitia diarahkan menuju ke hall basket SMA Labschool Kebayoran untuk menyaksikan sosialisasi 4 pilar. Sosialisasi tersebut diberikan oleh Bapak Bambang Soesatyo selaku ketua MPR. Beliau memaparkan materi bagaimana pentingnya kita mempedomani empat pilar kebangsaan. Sosialisasi tersebut berlangsung sampai pukul 11.00.

Perlombaan PBB Skynation dimulai kembali pada pukul 12.40 setelah istirahat sholat dan makan siang. Peserta yang belum dapat giliran akhirnya dapat menunjukkan aksinya dalam melakukan baris-berbaris. Akhirnya yang dinanti-nanti oleh peserta telah datang, waktunya pengumuman pemenang.

SMA Labschool Kebayoran memenangkan 2 piala dari 2 kategori yang berbeda, yaitu juara 3 sekolah favorit dan juara potensial 1. Sedangkan juara umum Skynation 2024 dimenangkan oleh SMKN 1 Cikarang Selatan. Perlombaan Skynation hari pertama ditutup dengan penampilan spesial dari ekskul Dazzling, Tari Tradisional, serta nyanyian merdu dari Encik.

SMKN 1 Cikarang Selatan sebagai Juara Umum Bergilir