Penulis : Qatrin Nada Andina XI MIPA 3

Jakarta Selatan (04/10/2023)— Seusai dengan namanya, Pra-TO (Pra-Trip Observasi) adalah acara yang mendahului sebuah kegiatan yag sudah menjadi kebangaan SMA Labschool yaitu TO (Trip Observasi). Pra-TO bertujuan untuk mempersiapkan peserta untuk berangkat pada tanggal 14 nanti. Pada Rabu, 4 Oktober 2023, peserta TO melakukan pembuatan dua benda ciri khas TO: nametag dan tongkat. Lalu, apakah arti dari kedua benda legendaris tersebut?

Tentunya, nametag berperan sebagai alat pengenalan diri. Angkatan 23 yang baru saja masuk SMA Labschool Kebayoran selama 3 bulan dapat menjadi akrab dengannya. Nametag TO 2023 terbentuk dari perisai, rumah desa dan hati. Hal-hal ini simbolis dengan menjunjung tinggi nilai solidaritas, kepedulian, kebersamaan dan kekeluargaan antar angkatan dan warga desa. Dua tanduk banteng di bagian atas menunjukkan keberanian. Gambar bulan dan matahari berarti kegiatan TO yang berlangsung pagi hingga malam. Di bawah letak foto, terdapat 7 segmen yang menggambarkan balok-balok kayu untuk acara api unggun. Nametag juga diapit oleh dua sayap yang merupakan simbol dari kakak dan guru pendamping. Pada bagian bawah nametag, terdapat pola zig-zag bermakna keberanian angkatan 2023 untuk menghadapi segala rintangan secara bersama.

Selain itu, peserta Pra-TO 2023 juga melakukan pengecatan tongkat. Makna umum dari polanya adalah keberagaman, keberanian, perjuangan, dan keseimbangan. Di bagian atas terdapat warna bendera merah putih yang melambangkan identitas bangsa serta simbol keberanian, persatuan, dan semangat bangsa. Angka romawi “XXIII” dengan tulisan berbeda warna berarti angkatan 23 yang bersatu dalam keberagaman. Pola panah merah berulang-ulang mencerminkan kepribadian berani dan semangat yang tidak pernah padam. Dibawahnya terdapat gambar Zebra Cross yang menjelaskan bahwa setiap tantangan atau kesulitan harus ditemukan jalan untuk melewatinya. Pada ujung tongkat digunakan warna hitam dan putih sebagai tanda keseimbangan dari yang buruk (dilambangkan oleh warna hitam) dan baik (dilambangkan oleh warna putih) di dalam kehidupan.