Penulis: Naura Azzahra S.A. (XI IPS 2)

Festival Rupiah Berdaulat Indonesia

Jakarta Selatan – Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI). Festival ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 19 Agustus 2022 s.d. 21 Agustus 2022. Festival ini digelar guna menyosialisasikan peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) serta meningkatkan edukasi bangsa Indonesia mengenai rupiah.

Sebagian dari murid IPS kelas 11 SMA Labschool Kebayoran ikut serta dalam berkunjung dan meramaikan FERBI 2022 kemarin. Tidak hanya murid dari SMA Labschool Kebayoran, tetapi juga terdapat murid dari sekolah lain dan masyarakat luar yang ikut berkunjung. Sehingga kondisi Basket Hall Senayan ramai akibat antusias para pengunjung kepada FERBI 2022.

FERBI 2022 itu sendiri menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik. Pertama, penampilan tarian tradisional yang sukses mendapatkan tepuk tangan meriah dari para pengunjung. Selanjutnya, terdapat serangkaian talkshow dengan mengangkat tema yang dapat meningkatkan rasa cinta, semangat kebangsaan, dan bangga terhadap Negara Kepulauan Republik Indonesia (NKRI) melalui rupiah. Setelah itu, dilanjut dengan berbagai macam kegiatan lain yang tidak kalah menarik.

FERBI 2022 juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti terdapat beberapa booth yang menampilkan perkembangan rupiah dari masa kerajaan Nusantara  sampai dengan saat ini. Hal ini, dapat menambah pemahaman para pengunjung mengenai perjalanan sejarah rupiah dan meningkatkan rasa apresiasi mereka terhadap Negara serta Bangsa Indonesia.

Selain itu, terdapat juga layanan penukaran uang baru 2022 yang tidak memiliki syarat khusus dalam penukarannya dan layanan pembelian uang bersambung. Uang bersambung merupakan uang kertas yang belum dipotong sehingga bentuknya unik karena tidak seperti uang kertas biasanya.

Untuk pembelian uang bersambung ini pada umumnya tidak mudah, tetapi dengan FERBI 2022, Bank Indonesia menyediakan layanan yang lebih mudah kepada masyarakat untuk membeli uang bersambung.