Penulis: Jasmine Naura Aulia (XI MIPA 2)

Jakarta Selatan – “Iman, Ilmu, Amal”, tagline tersebut pasti sudah tidak asing di telinga Labschoolians, kan? SMA Labschool Kebayoran merupakan salah satu sekolah yang prestasi akademiknya sudah tidak usah diragukan lagi. Sudah disebut berhasil dalam poin “Ilmu”, ternyata Labschool juga tidak lupa dalam mengedepankan poin “Iman” dan “Amal”, lho! Pada 13-14 Agustus 2022, beberapa siswa dan siswi angkatan Vastagana berkumpul di Masjid Baitul Ilmi untuk mengikuti kegiatan LAMPION 2022. LAMPION merupakan kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Rohani Islam SMA Labschool Kebayoran untuk melakukan kaderisasi bagi para adik kelas yang ingin bergabung menjadi bagian dari ROHIS.

Presentasi Kelompok LAMPION 2022 (Dok. Pribadi)

Kegiatan hari pertama dimulai dengan panduan MC, Kak Revasha, yang turut berterima kasih atas partisipasi para peserta. Untuk menambah keberkahan acara, dilantunkan syaritilawah oleh Dzihni dan Aisyah, Calon Anggota ROHIS Vastagana. Selanjutnya, Bapak Risang Danardana selaku Kepala Sekolah SMA Labschool Kebayoran menyampaikan sambutan, “Kegiatan ini sangat baik karena bisa meningkatkan dua hal, yaitu Hablum Minallah, hubungan kepada Allah, dan Hablum Minannas, hubungan antarsesama manusia.” Sambutan ditutup oleh Pak Risang dengan secara resmi membuka kegiatan LAMPION 2022. Sambutan juga disampaikan oleh Kak Aiman, Ketua ROHIS Jannair Al-Qaysan, yang memperkenalkan komunitasnya, program kerja, hingga membagikan pengalamannya bersama anggota lain.

Segmen selanjutnya yaitu presentasi dari kelompok peserta mengenai permasalahan keagamaan Islam yang terjadi di SMA Labschool Kebayoran serta program kerja yang ingin mereka kembangkan di ROHIS nantinya. Masing-masing kelompok menyampaikan materi presentasinya dengan sangat baik dan inovatif, bukan hanya bagi sesama anggota namun juga bagi warga sekolah.

Presentasi Kelompok LAMPION 2022 (Dok. Pribadi)

Sebagai perbekalan para peserta yang nantinya akan menjadi anggota ROHIS, telah hadir para narasumber yang memberikan materi yang sangat motivatif. Pertama, Ustadz Abdul Aziz membawakan materi bertajuk “Muslim Leaders”. “Rasulullah merupakan pemimpin yang tidak hanya unggul dalam intelektual, tetapi juga spiritual dan mental,” ujarnya. Materi kedua dibawakan oleh Kak Fakhril Ramadhan, Wakil Ketua ROHIS SMA Labschool Kebayoran Periode 2019-2020, yang membagikan pengalamannya selama di ROHIS, serta memberikan tips and trick yang dapat diterapkan selama di organisasi maupun di kehidupan sehari-hari. Kemudian, materi terakhir disampaikan oleh Ustadz Farid yang mengusung tema “The Spirit of Dakwah”. 

Kegiatan LAMPION 2022 semakin menarik di hari kedua. Pada hari tersebut, terdapat empat peserta yang menyalonkan diri sebagai Ketua Umum ROHIS Periode 2022-2023. Mereka menyampaikan visi misi, keunggulan, serta program kerja yang ingin mereka laksanakan jika terpilih sebagai ketua umum. Presentasi dilanjutkan dengan sesi debat antarkandidat untuk meyakinkan peserta lainnya dalam memilih kandidat jagoannya, hingga akhirnya dilakukan pemungutan suara dan pengumuman Calon Ketua Umum ROHIS periode selanjutnya. 

Penasaran siapa yang menjadi ketua umum komunitas ini di periode baru nanti? Atau bahkan ingin tahu susunan kabinet anggota lainnya? Stay tuned untuk berita selanjutnya, ya!