ARRIZA RAUDYA GUMILAR

Setiap orang pasti pernah memikirkan sesuatu. Hal yang dipikirkan bisa yang serius maupun yang tidak. Jika memikirkan hal yang serius, tentu pemikirannya harus baik. Makanya itu, diperlukan yang namanya berpikir kritis. Apakah itu berpikir kritis? Apa manfaat dari berpikir kritis? Dan hal apa yang bisa dilakukan agar bisa berpikir kritis dengan baik?

Berpikir kritis mempunyai beberapa arti, tetapi bisa diartikan sebagai tindakan untuk menanggapi informasi yang diterima dengan mempertimbangkan dan mengevaluasi informasi seluruh aspek dari informasi tersebut. Berpikir kritis ini bisa juga diartikan berpikir secara objektif, sistematis, dan logis dalam menilai sesuatu. Berpikir kritis ini penting untuk diterapkan semua orang karena mempunyai banyak manfaat yang baik.

Pertama, dengan berpikir kritis kita tidak akan mudah tertipu dengan hal seperti hoax dan informasi yang bias. Hal ini dikarenakan kita akan mengaitkan informasi yang didapatkan dengan fakta yang sudah ada, dan dengan itu bisa memutuskan apakah informasinya relevan atau tidak secara lebih baik. Lalu, berpikir kritis juga membuat kita lebih mudah memahami sudut pandang orang lain yang mungkin berbeda dengan kita sendiri dan lebih terbuka terhadap opini orang lain. Kemudian, dengan berpikir kritis kita juga bisa menemukan ide atau solusi yang banyak, tidak bergantung pada satu solusi saja karena jika terbiasa berpikir kritis, ide dan solusi untuk menyelesaikan masalah akan mengalir lebih cepat.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis bisa ditingkatkan dengan sering membaca buku, terutama buku non fiksi. Dengan sering membaca buku nonfiksi, kita dapat melatih untuk memahami sudut pandang orang lain mengenai suatu topik tertentu. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis juga bisa dilakukan dengan melakukan diskusi atau mungkin juga debat dengan orang lain mengenai suatu topik tertentu. Dengan melakukan ini, kita akan terpaksa untuk berpikir lebih keras dan juga memahami argumen orang lain agar bisa merespon argumennya dalam waktu cepat.

REFERENSI:

https://www.luarsekolah.com/article/4-cara-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis [Diakses Pada 9 Oktober 2020]

http://ciputrauceo.net/blog/2015/3/9/7-manfaat-berpikir-kritis-dan-metode-mencapainya [Diakses Pada 9 Oktober 2020]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *