Oleh: Yaqutta Adiva Putri Gunawan XI IPS 1

Menjelang masuk sekolah tatap muka 2021, ada desas-desus beredar mengenai penggunaan seragam. Mungkin bagi anak kelas 2 dan 3 SMA sudah mempunyai seragam sekolah lengkap, namun anak kelas 1 SMA banyak yang belum memiliki seragam lengkap sehingga terbit pemikiran bahwa nanti di bulan Juli 2021 atau di saat semuanya kembali ke sekolah, anak kelas 1 SMA diperbolehkan untuk memakai baju bebas. Ketentuan pakaian bebas memang belum ada patokan dan lainnya namun, berikut beberapa perkiraan aturan dasar yang mungkin kita harus ketahui dalam memakai pakaian bebas ke sekolah.

  1. Tidak boleh menggunakan jeans.

Penggunaan celana jeans ke acara formal saja sudah dapat menimbulkan perbincangan. Apalagi bila dipakai ke sekolah, bila kita memakai jeans ke sekolah dalam rangka belajar maka rasanya hal itu tidak sopan dan kita seperti tidak menghargai guru.

2. Penggunaan kaus bebas

Kaus bebas seperti kaus polos maupun kaus dengan motif biasanya kita gunakan ketika kita hendak berpergian ke mall atau ke tempat lainnya. Penggunaan kaus dapat membawa kesan kita sedang santai dan tidak siap belajar sehingga kaus bebas mungkin tidak akan diperbolehkan untuk dipakai.

3. Hindari pakaian minim

Dewasa kini mulai banyak pengaruh gaya pakaian yang masuk dari luar negeri sehingga mungkin sekarang lebih sering ditemui orang yang menggunakan pakaian minim. Mungkin di luar negeri seperti Amerika penggunaan celana pendek maupun baju lengan pendek ke sekolah adalah hal yang lazim, namun sebaiknya di Indonesia kita tetap terapkan nilai norma yang ada dan memakai baju yang tidak minim.

Tadi adalah beberapa perkiraan aturan yang harus kita patuhi terkait penggunaan pakaian bebas di sekolah. Lalu, pakaian apa saja yang aman dan sopan serta nyaman yang dapat kita gunakan ke sekolah?

  1. Memakai blus longgar dengan bahan yang nyaman
  2. Celana bahan yang nyaman dan tidak ketat
  3. Rok A line bagi wanita yang ingin menggunakan rok

Dan masih banyak lagi! Pastikan saja pakaian yang kalian gunakan tidak melanggar nilai dan norma yang berlaku namun pilih yang nyaman kalian gunakan sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *