Penulis: Ari Hans Wijaya (X IPS 3) dan Raina Anindya Permana (X IPS 1)

Jakarta Selatan – Skyavenue yang merupakan pentas seni dari SMA Labschool Kebayoran diselenggarakan pada tanggal 3 September 2022 di Istora Senayan. Tema dari skyavenue tahun ini adalah “Riddling Escapade of The Funatics”. Skyavenue, yang berbentuk festival musik ini mengundang penyanyi-penyanyi yang lumayan terkenal di kalangan anak muda. Mulai dari Tulus, Rizky Febian, Nadin Amizah, Ran, dan lain-lain. Panitia dari acara ini merupakan murid-murid dari SMA Labschool Kebayoran yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi panitia skyave.

Para panitia mempersiapkan skyavenue dengan susah payah tanpa event organizer. Mereka dibagi menjadi beberapa divisi, yaitu divisi acara, kesekretariatan, keamanan, kebersihan, publikasi, ticketing, dan funding. Panitia berkumpul pada pukul 06.30 di Istora Senayan untuk melakukan briefing sebelum acara dimulai. Ketua panitia, Abraham Tristan, memberikan arahan kepada para panitia agar acara berlangsung dengan kondusif dan agar panitia menjalankan tugas masing-masing dengan optimal.

page1image9770272

Gerbang dibuka pada pukul 11.00, panitia bergegas untuk menjalankan tugas masing-masing, mereka dibagi menjadi beberapa shift berdasarkan waktu tugasnya. Para penonton mulai berdatangan sejak awal gerbang dibuka, panitia ticketing yang bekerja pada shift tersebut, yakni pukul 11.00, melakukan tugasnya yaitu membantu menge-scan wristband yang dimiliki oleh penonton. Kemudian panitia keamanan memeriksa barang bawaan para penonton agar Skyave berjalan dengan aman. Panitia-panitia lainnya seperti divisi publikasi tentunya juga menjalakan tugas mereka, yakni melaporkan apa yang sedang terjadi di venue ke akun instagram skyavenue.

Area F&B mulai penuh dengan pendatang-pendatang yang sedang membeli makanan/minuman di stall makanan yang disediakan di area venue. Arena juga mulai terisi dengan penonton yang tidak sabar untuk menyaksikan penampilan

page2image26314832

dari artis-artis yang telah diundang. Selama acara berjalan, para panitia berkeliling untuk memastikan jika semuanya berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Acara diakhiri dengan penampilan yang meriah dari Tulus. Setelah pembubaran acara, para panitia mengumpul di dalam arena untuk penutupan akhir dari Skyavenue 2022. Ketua pelaksana menyampaikan sepatah kata sebagai tanda terima kasih kepada para panitia yang berkontribusi ke acara Skyavenue 2022.

Dari Skyavenue ini, siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran dapat belajar dan mengasah kemampuan mengorganisir suatu acara. Dengan tidak adanya event organizer, acara ini sangat melatih mereka untuk memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan cara berpikir kritis agar acara berlangsung dengan lancar. Sikap kesigapan mereka juga dilatih saat menghadapi suatu masalah atau saat suatu hal tidak direncanakan terjadi. Secara tidak langsung, sikap komunikasi para panitia tentunya juga meningkat. Hal tersebut dikarenakan apabila saat berjalannya acara para panitia tidak lancar dalam mengkomunikasikan suatu hal kepada yang lainnya, maka acara tidak akan berjalan dengan kondusif.

Skyavenue tahun ini berlangsung dengan lancar akibat dari kerja keras panitia yang merupakan siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran. Mereka, para panitia mendapatkan banyak pengalaman, pembelajaran, dan nilai-nilai edukatif selama mereka menjalankan tugasnya sebagai panitia Skyavenue 2022. Diharapkan Skyavenue tahun selanjutnya dapat berjalan dengan lancar dan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya dan dapat memberikan nilai edukatif kepada siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran sehingga mereka dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut di realitas sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.