Ditulis oleh Damar Alif Muhammad

Jadi keinginan saya menulis tentang Vtuber muncul ketika tren ini bulan Juli ditengah-tengah ledakan popularitas Vtuber. Saya waktu itu sedang iseng-iseng lagi scrolling Youtube ketika saya terlintas sebuah thumbnail seorang gadis anime sedang memainkan sebuah game. Pada saat itu saya sudah mendengar mengenai Vtuber dari teman-teman saya tetapi saya belum merasakannya secara langsung dan karena saya adalah salah satu anggota masyarakat produktif yang menyebut diri mereka sebagai seorang “Wibu” saya langsung menekan video tersebut dan oh betapa tidak tahunya saya dan saya tiba-tiba terjatuh kedalam rabbit hole yang sangat, sangat, sangat dalam. Artikel ini tidak sepenuhnya original karena saya mengambil beberapa baris dari sebuah video yang sangat informatif di youtube dan saya sangat anjurkan sekali pembaca untuk menontonnya.

Jadi, apa itu Vtuber? Berasal dari manakah waifu-waifu imut ini yang datang tiba-tiba saja direkomendasiku? 

Vtubers atau Virtual Youtuber adalah sekumpulan kontent creator, mayoritas berbahasa Jepang, yang menggunakan avatar digital melalui teknologi motion capture yang diproses kedalam sebuah software grafik komputer seperti Live2D untuk menghasilkan, ya konten di situs-situs seperti Youtube dan Twitch. Mulai dari main games, bereaksi kepada memes, nyanyi, ngobrol-ngobrol doang, sampai memasak dan ……. Hal-hal yang tidak sianjurkan untuk ditonton anak kecil.

Tren ini langsung meledak diinternet dengan setiap hari saya scrolling twitter saya pasti saya mendapat satu orang yang mengepost gambar original (mayoritas dari mereka NSFW) dan memes mengenai vtuber favorit mereka. Fenomena ini juga berkembang sangat cepat mulai dari sebuah niche yang hanya diidamkan di jepang dari awal tahun 2020 hingga menjadi sebuah fenomena mendunia dengan vtuber memulai debut mereka hampir setiap minggu dari berbagai belahan dunia. Dan tren ini tidak mungkin akan jatuh dalam waktu dekat. 

Tapi apa sih pesona dari Vtuber-vtuber ini?  Mengapa orang-orang sangat menyukai tren ini sampai-sampai mengeluarkan uang mereka kepada hanya sebuah gambar dilayar? Well, saya menghabiskan berjam-jam didepan komputer saya, menyaksikan ratusan klip video perang antara pekora dan Subaru, dan bersiap-siap untuk melempar ratusan ribu uang saya hanya untuk diingatkan bahwa Indonesia belum mengimplimentasikan fitur donasi dalam stream chat, untuk menyajikan artikel ini.

Awal Mula

Teknologi motion dan facial tracking adalah teknologi yang sudah ada sejak lama digunakan dalam film untuk karakter yang bisa dirender untuk CGI. Pada tanggal 13 Juni 2011, vloger virtual dari inggris Ami Yamato menayangkan video pertamanya yang dirender sepenuhnya menggunakan sebuah software yang melacak pergerakannya menggunakan kamera untuk menghasilkan sebuah avatar dan bisa dianggap sebagai Vtuber pertama yang mendapat perhatian.

Namun, semua orang memberi penghargaan kepada satu orang yang menjadikan Vtuber sebagai trennya saat ini. Debut pertama kali pada tanggal 1 Desember 2016, Kizuna AI (diperankan oleh Nozomi Kasuga) langsung mengguncang lanskap internet mengumpulkan lebih dari 1 juta subscriber pada akhir tahun 2017. Ini adalah Ibu dari dunia vtubing modern. Dia menampilkan konten yang biasanya kita asosiasikan dengan Vtubers saat ini seperti bermain game dan merilis lagunya sendiri.

Tidak bisa dipungkiri akar inspirasi dari Vtuber berasal dari dua fenomena pendahulunya dan super populer yakni girl idols dan vocaloid. Namun, berbeda dengan pengambaran gadis-gadis imut cantik tidak bersalah para idols seperti AKB48 dan juga maskot digital Hatsune Miku dan teman-temannya, Kizuna AI terletak ditengah-tengah. Seseorang yang berasa lebih manusiawi dibandingkan sebuah vocaloid tetapi secara teknis masih sebuah karakter yang tidak nyata. Gantinya sebuah idol asli, kita mendapat sebuah virtual idol, seseorang yang dapat menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia untuk membentuk sesuatu yang sangat unik dan baru, dan inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik kedalam tren ini.

Dan Kizuna AI hanyalah permulaannya, Kaguya Luna, Mirai Akai, Kizuna menyebabkan vtuber-vtuber baru bermunculan dengan harapan mereplikasi kesuksesannya. Dalam 2 setengah bulan, jumlah Vtuber yang aktif berlipatganda menjadi 2,000 sampai 4,000 dan mencapai 8,000 pada mei 2018 yang berarti ini sebuah pertumbuhan yang sangat cepat. Vtubers membentuk sebuah cult following yang sangat besar diJepang. 

Tetapi, Vtuber masih berada dalam niche-nya sendiri. Setelah beberapa waktu, tren vtuber gelombang pertama terutama yang berada diluar Asia mulai menyurut kembali. Kita hanya mengetahui tentang Kizuna AI dan juga kalau Vtuber adalah sesuatu yang sangat booming dijepang tetapi orang-orang langsung melupakannya dan beralih ke hal lain. Tetapi tentu saja, semua ini akan berubah.

Ledakan Kedua

Masalah dari tren Vtuber saat itu adalah sebuah masalah bahasa dan jangkauan. Walaupun beberapa pengemar loyal berupaya untuk menerjemahkan konten vtuber-vtuber lain. Tidak satu dari ribuan vtuber yang ada mendapat pengenalan yakni Kizuna AI sehingga bagi penonton asing terutama penonton barat daya tariknya mulai berkurang.Jadi kalian bertanya-tanya, seperti apakah lanskap Vtuber saat ini? Well, anggap saja youtuber gaming tetapi mayoritasnya berbahasa jepang dan sering sekali berkata-kata ”tidak sopan” dalam bahasa inggris didalam sebuah topan stadium lima yang tidak dapat diprediksi arahnya.

Foto yang diambil sebelum bencana

Jika kalian browsing didalam anitwitter, kita sering mendengar nama “Hololive” sering disebar-sebar. Jadi, siapakah mereka? Berdasarkan dari websitenya, Hololive adalah sebuah perusahaan produksi Vtuber dari Jepang yang dimiliki oleh Cover.Corp pada tahun 2017 yang dimana pemiliknya, Motoaki Tanigo, lebih dikenal dengan sebutan Yagoo,  juga merupakan penggagas dari proyek hololive. Ia sendiri menjelaskan tujuan perusahaan Hololive didalam sebuah konferensi pers dan saya kutip: “kami menjalankan grup-grup streamer yang sangat mirip dengan AKB48”

 ……ya, tentu saja

Berbeda dengan misalnya agensi milik Kizuna AI yang hanya mengurus satu talenta saja, Hololive mengatur berbagai macam personalitas Vtuber dalam satu atap. Walaupun ada juga agensi lain seperti Nijisanji, hololive lah yang memberi dampak terbesar dalam industri Virtual Youtuber diluar jepang dan merekalah yang menjadikan pendorong dalam tren Vtubers ini.

Jadi apa perbedaan dunia Vtuber antara masa Kizuna AI dan saat ini? Vtuber sekarang tidak menggunakan naskah atau alur yang telah ditetapkan seperti Kizuna AI tetapi fokus kepada konten siaran langsung di YouTube dengan reaksi waktu nyatanya layaknya seperti YouTuber-YouTuber biasa sehingga menghasilkan momen-momen yang luar biasa dan hmmmm pedas sekali yang akan saya sebutkan di segmen selanjutnya. Cukup bisa dikatakan kalau Yagoo ingin sebuah grup yang menyerupai AKB48 tetapi yang ia dapatkan adalah segerombolan Vtuber yang bersenjatakan AK47.

Satu hal lagi yang menyebabkan aksesibilitas tren Vtubers semakin meluas adalah betapa gampangnya untuk memasukinya. Sebelumnya, Vtuber perlu menggunakan peralatan pelacak tubuh yang rumit untuk menghasilkan avatar mereka, memasang sebuah dinding biaya yang sangat tinggi untuk diraih. Tetapi, sekarang tren vtuber beralih ke arah pelacakan wajah sederhana yang hanya memerlukan kamera di komputer kamu. Bahkan saya pun mencobanya langsung di Handphone saya secara gratis. Dan walaupun teknologinya mengalami kemunduran, lanskap vtuber modern saat ini masih sama saja atau kalau tidak, lebih menarik dan lebih sukses dibandingkan generasi yang terdahulu. 

Mungkin saya menjadi Vtuber saja deh untuk karir saya

Sekarang pasti beberapa dari kalian bertanya emang apasih yang bikin seseorang tertarik gitu pada dunia Vtuber dan saya sempat terjebak dalam pertanyaan ini. Setelah menonton beberapa siaran ulang livestream dan menonton klip-klip yang diterjemahkan di YouTube, saya mendapat rasa kalau para Vtuber-Vtuber ini memiliki semacam vibe YouTuber-YouTuber klasik tahun 2012-2015-an. Pada dasarnya, kita hanya menonton sekumpulan orang melakukan terserah apa saja didalam sebuah karakter. Streamer-streamer yang main game beserta reaksi mereka mengingatkanku pada masa-masa Pewdiepie bermain game-game horor, postingan asal-asalan dari seperti haachama atau asacoco memiliki aura kekacauan mirip dengan Filthy Frank dan pengepost sampah lainnya. Di lanskap YouTube yang mulai terasa hampa dan semakin terkorporasi, kedatangan gadis-gadis dan cowok-cowok lucu ini membawa udara segar kedalam YouTube dan Internet secara keseluruhan.

Banyak sekali Vtuber-Vtuber terutama yang didalam hololive ini sangatlah berbakat. Dengan benyaknya pilihan dan karakter yang ada, seseorang dapat memilih konten kreator sesuai selera mereka. Ada yang menegelamkan dirinya dalam karakter tersebut, ada juga yang membawa unsur-unsur kehidupan nyata mereka. Ada yang mengandalkan kepada keimutannya, humornya, kemampuan main gamenya atau bahkan gabungan dari ketiganya, apapun karakter yang mereka ambil, mereka dapat menjadi sangat menghibur bagi orang-orang.

Vtuber adalah sesuatu yang menurut saya sangat menarik. Kita tahu kalau mereka itu adalah sesuatu yang tidak nyata bahwa ada orang asli dibaliknya tetapi kita tidak peduli, kalau mereka memberi kita hiburan maka kita coba nikmatilah dan terutama dalam pandemi ini dimana kita terkadang merasa bosan dan kesepian dan memerlukan suatu hiburan yang dapat dinikmati olehnya dan ini juga salah satu alasan juga mengapa Vtubers langsung meledak akhir-akhir ini. secara sederhana, orang-orang mempunyai lebih banyak waktu luang sehingga mereka menghabiskan waktu lebih banyak didepan YouTube sampai mereka direkomendasikan video klip Gawr Gura berkata “a”

Jadi setelah membaca lebih dari 1300 kata dan kalian tertarik untuk mencelupkan kaki kalian kedalam dunia ajaib ini, darimanakah kalian bermulai? Dalam urutan tonton apakah?

Welcome to the family, degenerates!

Menentukan siapa Vtuber terbaik di YouTube sama saja seperti kau mendapat seorang pacar, sangatlah tidak mungkin. Ada banyak sekali pilihan waifu-waifu yang ada dan hampir semuanya sangatlah berbakat dan memiliki keunikan masing-masing. Sesama wibu bisa menghabiskan bertahun-tahun untuk bertarung siapa yang terbaik.

Baru-baru ini, Hololive mendebutkan HololiveEN. Menurutku, merekalah yang paling mudah untuk ditonton kontennya karena mereka berbicara dalam bahasa yang cukup dikenal oleh orang dalam siarannya tetapi memiliki rasa dan pengalaman yang sama dengan Vtuber-Vtuber Jepang lainnya.Dengan total terdiri atas lima orang, mereka memiliki berbagai macam karakter dan personalitas yang saya yakin salah satunya akan melekat kepada diri kalian. Pertama ada Mori Calliope, seorang malaikat maut rapper dengan kepribadian tsundere yang baru saja merilis lagu rap originalnya yang ditonton lebih dari tiga juta kali. Ada Ninomae Ina’ni untuk mereka yang ingin stream yang nyantai dan lembut, ada Takanashi Kiara, seekor ayam yang direinkarnasikan sebagai kakak perempuan gila dan merupakan calon istri dari Mori. Ada juga Amelia Watson, seorang detektif imut yang selalu bekerja dalam kasus yang juga merupakan unsur energi dari tim EN, dan ada Gawr Gura, bagaimana saya akan menjelaskanya? Dia adalah seekor buaya yang sangat manis seolah-olah mata kamu baru saja menegak satu galon Sakarin murni yang mengalir langsung ke jantung mu. Dan jangan lupa cover-cover lagunya, sangat wajib ditonton terutama covernya lagu Ride On Time Yang menurutku, menjadikan dia sebagai yang terbaik diantara kelimanya dan saya siap berantem dengan mereka yang berkata sebaliknya.

AHHHHHHHHHHH

Diluar itu kita memiliki talenta-talenta yang sudah ada dan berdiri di Jepang yang terdiri atas 5 generasi dengan latar belakang, memes,dan hubungan yang berbeda-beda dan saking banyaknya, saya tidak mungkin menyebutkan semuanya kalau tidak saya akan berada disini selama lima jam kedepan. Maka inilah daftar vtuber-vtuber yang cukup menarik dan memiliki pengikut yang banyak di list tampa urutan.

Seorang perempuan karismatik yang terbilang lebih waras didalam daftarku. Tentu mungkin dia adalah seorang dengan akhlak yang terjatuh kedalam jurang dan terkadang memiliki pikiran kotor tetapi siapa coba yang tidak pernah melakukan itu. iya kamu, saya tahu apa yang kau lakukan dirumah saat tidak ada yang melihat.

Seekor anjing lucu penuh energi kekacauan yang mungkin kau pernah lihat klip video Eekum Bokemnya bersirkulasi di Anitwitter. Jujur dia melepas beberapa stressku

Untuk mereka yang mencoba memasuki dunia Vtuber Jepang, maka mereka bisa mulai dari Kiryu. Dicurigai sebagai orang asing, Kiryu adalah duta besar dunia Vtuber Jepang. Konten yang dihasilkan sangatlah beragam mulai dari acara talkshow Asacoco miliknya, konten musik, hingga baru-baru ini, ulasan meme postingan sampah dalam subreddit R/Hololive dimana fan dia mengusik Kiryu dengan tulisan Jepang yang buruk mereka. Dan inilah yang menyebabkan kiryu sangat mudah dimengerti. Tidak hanya kemampuan bahasa Inggrisnya saja, tetapi juga pengetahuannya mengenai budaya internet luar Jepang yang membuatnya sangat mempesona

Gadis bajak laut yang terkenal dengan meme “I’m Horny” dia yang berasal dari streamnya 3Dnya kiryu

Seorang gadis tomboy dengan suara dan teriakan seperti bebek bagi mereka yang tomboy lovers

Seorang gamer yang desainnya dibuat oleh ilustrator Eromanga-sensei yang terlihat seperti seorang loli yang akan meledak dalam amarah dalam waktu singkat

Atau dengan nama pangilan Haachama. Kalian pasti sadar kalau saya menyebut namanya beberapa kali sejauh ini. Dia itu adalah, hmmm, bagaimana saya menaruhnya, seorang psikopat gila dengan akhlak terbalik menembus dimensi keempat. Jika ada kamus bahasa jepang untuk kata “kekacauan”, maka mukanya akan terpampang full color dalam bagian tersebut. 

Dia seperti anak dari Filthy Frank dan How to Basic. Kontennya dia sangatlah terkutuk dan saya sangat terkagum dengan mahakarya seperti “B*TCH MADE PASTA” dan “B**CH MADE SOUP” dimana dia membuat kuliner yang sangat menjijikan yang akan membuat Gordon Ramsay lupa seperti apa rasanya makanan yang bisa dimakan dan enak. 

Masih tertarik dengan tren ASMR? Haachama sudah menutupimu dengan ASMR muntahnya ketika iya tidak sengaja mengeluarkan isi perutnya dalam siaran langsung setelah memakan mie yang sangat pedas.

Dan tidak mungkin terlupakan saat Haachama meminta penontonnya untuk menunjukan video kaki mereka untuk ditonton secara langsung di dalam sebuah livestream paling bobrok dan luar biasa sepanjang masa.

Jika Vtuber kamu berani mengulas gambaran kesenian cabulnya live di kamera, maka kau tahu kalau kau mencapai sebuah jackpot.

Puncak dari konten internet telah hadir

Gadis kelinci sadis dengan nada tawa menyerupai gerakan finishing kombo dalam tekken

Tidak hanya dari Jepang lo Vtuber itu. Karena pengikutnya yang banyak di dalam negeri, mulai bermunculan Vtuber-Vtuber asli Indonesia dibawah naungan Hololive. Ada Moona Hoshinova, adalah yang pertama saya tonton, Ayunda Risu, dan Airani Lofifteen. Saat ini sudah muncul gelombang kedua dengan tiga anggota baru yaitu Anya Melfisa , Kureiji Ollie, dan Pavoila Reine.

Tunduklah kepada penguasa 2D kita yang baru

Dengan kemunculan HololiveEN, komunitas anime terguncang dengan diskusi dan pembicaraan yang tak pernah berhenti dengan thread-thread Twitter berisi tentang meme, fanart, dan klip-klip video tersebar luas. Kita hampir tidak bisa melarikan diri dari Vtuber. Kami memanggilnya sebagai lubang kelinci karena dengan jumlah konten yang terus berdatangan bahkan jika kita fokus kepada Hololive saja maka kita tidak akan mencapai bawah. Ini belum termasuk agensi lain, kreator independen, dan ratusan channel yang didedikasikan untuk menerjemahkan livestream-livestream tersebut yang saling bercampur aduk kedalam sebuah sistem yang rusak bernama algoritma YouTube.

Vtuber sangatlah populer sampai-sampai pembicaraannya terbawa keluar dari komunitas kami. Streamer seperti Pokimane dan yang lain-lain memiliki ketertarikan atau sudah mendebutkan diri dalam dunia Vtuber membawa konversasi ini lebih luas lagi

Ini bukanlah hal yang mengejutkan mempertimbangkan uang yang masuk ke dalam sirkulasi dunia Virtual Youtuber. Dilansir dari Anime News Network, dari 10 streamer peraih pendapatan donasi terbesar, 7 dari mereka adalah Vtubers dengan Kiryu Coco mendapat $134.000 dollar, per bulan!

Dan inilah pengalaman saya memasuki dunia Vtuber setelah menghabiskan 4 hari tampa sengaja menjatuhkan diri kedalam lubang kelinci berulang-ulang dan menulis artikel yang memiliki kemiripan dengan video inspirasi penulisan ini dengan harapan masih tergolong sebagai material original atau setidaknya setengah original, akhirnya saya menulis artikel ini. 

Pandemi ini memaksa semua orang untuk mencari kegiatan dan hiburan untuk menyibukan diri. Dan untuk beberapa orang, Vtuber dan konten-konten online lainnya adalah pelarian diri mereka dari realitas masa kini yang mungkin sangat menyebalkan tetapi sama seperti seseorang berlari sesungguhnya, kita tidak bisa berlari selamanya tetapi gunakanlah jarak yang telah kalian buat sebaik mungkin.

*Artikel ini awalnya saya tulis 10 oktober 2020 yang saya tulis kembali disini dengan sutingan agar mencerminkan kondisi terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *