Ditulis & Disunting oleh Nabila Hananti

Sebelum kita lanjut lebih dalam ke dalam artikel ini, alangkah baiknya ktia mengetahui terlebih dahulu mengenai gacha ini. Nah, kita tanyakan nih, apa itu gacha?

Gacha diketahui merupakan mesin permainan capsule box yang berasal dari Jepang. Cara kerja dari game gacha ini cukup sederhana: dimulai dengan memasukkan koin untuk bisa memainkan permainan tersebut, dan jika beruntung, maka pemain akan mendapatkan sebuah hadiah yang bagus.

Nah, dalam prakteknya ini, gacha memiliki sistem yang mirip dengan lucky draw atau spinning wheel. Perbedaannya hanyalah bahwa pada gacha game, terdapat sebuah kepastian bahwa kita akan mendapatkan sebuah item, mau seberapa rendah kualitas item itu sendiri.

Pada zaman sekarang, game gacha telah berkembang dengan berbagai variasi. Salah satu variasi dari gacha game adalah sistem gacha virtual yang digunakan di dalam video game. Cenderung lebih banyak pemain game online daripada offline sendiri dikarenakan keberadaan gift yang kita bisa dapatkan ingame. Gift ini sendiri biasanya berupa currency yang bisa digunakan oleh pemain untuk memainkan gacha di dalam game tersebut.

Akan tetapi, meski dengan keberadaan gift yang bisa didapatkan oleh pemain dalam game, tidak sedikit pengguna yang akan menghabiskan uang asli untuk membeli currency yang digunakan di dalam game gacha online tersebut.

Menurut saya sendiri, gacha virtual merupakan salah satu gacha yang paling merugikan. Hal ini disebabkan gacha yang bersifat barang virtual ini biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang tidak jelas. Dan, tidak jarang harga dari barang virtual ini tidak wajar jika dibandingkan dengan gacha asli.

Gacha virtual juga memiliki sifat yang berbeda daripada gacha secara fisik. Seseorang lebih cenderung untuk menghabiskan uang di gacha virtual, dan sebelum mereka menyadarinya, jumlah yang dihabiskan seseorang dalam sebuah gacha bisa melewati jumlah yang mereka gunakan untuk menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

Sebagai pelajar, akan jauh lebih baik bagi kita untuk tidak pernah menyentuh gacha game ini. Atau, setidaknya dianjurkan bagi kita untuk tidak menghabiskan uang asli dalam sebuah gacha game. Karena konsepnya sama seperti narkoba: sekali terjerumus, kita tidak bisa lagi keluar dari sistem bernama gacha ini. Akan lebih baik bila kita menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang lebih berguna bagi kelangsungan hidup kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *