Penulis: Naila Ayu Rafeyfa XI MIPA 1

Ekspresi Kegembiraan Setelah Sukses Meraih 50 Penghargaan

Jakarta SelatanWorld Scholar’s Cup (WSC) adalah kompetisi internasional yang meliputi debat, menulis, dan soal pilihan ganda bernama scholar’s challenge. WSC terdiri dari tiga tahap perlombaan, yaitu Regional Round, Global Round, dan Tournament of Champions. Jika lolos pada satu ronde maka akan lanjut ke ronde berikutnya sampai ke Tournament of Champions yang dilaksanakan di Universitas Yale, Amerika Serikat.

SMA Labschool Kebayoran mendapatkan kesempatan bertanding di Bangkok Global Round pada tanggal 2-7 September lalu. Tim yang dikirim meliputi 14 siswa; 5 dari kelas X dan 9 dari kelas XI. Tim WSC SMA Labschool Kebayoran berangkat pada Kamis, 1 September 2022 dari Bandara Soekarno-Hatta dan tiba di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok pada jam 1 siang. Mereka langsung beristirahat di Hotel Sukosol sembari melakukan registrasi perlombaan.

Kegiatan dimulai pada tanggal 3 September bagi Tim WSC SMA Labschool Kebayoran. Acara dilaksanakan di Teater Aksra yang memerlukan 5 menit jalan kaki dari hotel Sukosol. Upacara pembukaan disambut dengan tim drumband dari Thailand dan keempat host terkenal WSC yaitu Daniel, Dylan, Chuancey, dan Robert. Setelah acara pembukaan selesai, para peserta diarahkan untuk makan siang dan kemudian kembali ke Teater untuk melaksanakan Scavenger Hunt. Scavenger Hunt adalah kegiatan dimana para peserta akan dikelompokan bersama peserta-peserta dari negara lain. Mereka akan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam untuk melakukan perintah-perintah lucu yang tertera di kertas kelompok masing-masing. Scavenger Hunt dilakukan di Siam Amazing Park yang memerlukan waktu 30 menit menggunakan bis dari Teater Aksra. Scavenger Hunt selesai pada malam hari sekitar jam 7 dan Tim WSC sudah tiba di Hotel Sukosol jam 8 malam.

Minggu, 4 September 2022 adalah hari inti dari turnamen. Hari itu dilaksanakannya debat, menulis, dan Scholar’s Challenge. Tim WSC SMA Labschool Kebayoran berangkat jam 7 ke teater untuk menuju ke bis yang akan mengantarkan mereka ke Denla British School, tempat prosesi lomba dilaksanakan. Setibanya di Denla, para peserta mendapatkan kertas berisi rincian kegiatan. Scholar’s Challenge merupakan perlombaan pertama yang mereka laksanakan. Kegiatan berikutnya adalah debat yang dilaksanakan 3 kali berturut-turut untuk semua tim dan kegiatan terakhir adalah menulis. Perlombaan berakhir pada jam 5 dan Tim WSC sudah kembali berada di hotel pada jam 7 malam.

Senin 5 September 2022, para peserta melakukan perlombaan terakhir yaitu Scholar’s Bowl. Scholar’s Bowl sebenarnya sama saja dengan Scholar’s Challenge namun dilakukan per tim bukan individu di Teater Aksra. Setelah Scholar’s Bowl, dilaksanakan Debate Showcase yang menghadirkan 8 orang pendebat terbaik untuk tampil di panggung. Hari itu ditutup dengan Talent Show yang diikuti dari peserta berbagai negara.

Pengumuman penghargaan sekaligus penutup WSC dilaksanakan pada Rabu, 7 September 2022. Tim WSC memulai kegiatan dengan makan siang lalu dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan di Teater Aksra. SMA Labschool Kebayoran mendapat total 50 penghargaan dan lolos ke babak berikutnya yaitu Tournament of Champions di Univertas Yale pada November mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.