Penulis : Keyla Nindya (X MIPA I) & Hanna Rashiqa (X MIPA I)

Lomba Pantun

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, SMA Labschool Kebayoran melaksanakan kegiatan lomba kemerdekaan yang diikuti oleh 71 peserta dari tiga angkatan: Navananta, Viscakara, dan Angkatan 21. Tema yang diangkat adalah “Eksplorasi Kesenian, Lestarikan Kebudayaan“. Pelaksanaan lomba berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 16 sampai 19 Agustus 2021. Lomba kemerdekaan ini memiliki lima cabang, yaitu: lomba poster, lomba musik tradisional, lomba busana daerah, lomba pantun, dan lomba cerdas cermat.

Puncak acara yang berlangsung pada Kamis, 19 Agustus 2021 dibawakan oleh Kaniya Tabina dan Nayla Syifana dari OSIS Ganendra. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan MARS Labschool dan dilanjut dengan sambutan ketua panitia, bapak Naryanto. Pak Risang Danardana selaku kepala sekolah juga berkesempatan memberikan sambutan mengenai tujuan dan makna dari perlombaan ini. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa lomba ini sebagai wadah untuk meningkatkan daya juang, memperkuat solidaritas, dan mempererat kebersamaan.

Acara ini diisi oleh berbagai macam penampilan, pengumuman lomba, serta perlombaan secara live. Sebelum rangkaian acara utama, Band Limitless menampilkan lagu Hari Merdeka yang tatanan musiknya diubah sedemikian rupa. Lanjut, foto bersama untuk dokumentasi. Lalu, acara utama yaitu pengumuman lomba musik tradisional yang dimenangkan oleh kelas XI MIPA 2 (juara 1), X MIPA 2 (juara 2), dan X MIPA 6 (juara 3). Ada pula juara favorit yaitu kelas XI MIPA 5.

Selanjutnya, pengumuman lomba busana daerah yang dimenangkan oleh kelas XI MIPA 5 (Kaliman Selatan), X MIPA 6 (Bali), dan XII MIPA 5 (DIY Yogyakarta). Setelah pengumuman cabang lomba busana daerah, dilanjutkan dengan pengumuman lomba poster. Pemenang dari lomba ini yaitu; kelas X IPS 2 (juara 1), XI IPS 1 (juara 2), dan XII IPS 1 (juara 3). Setiap karya memiliki makna dan filosofi tersendiri yang dipresentasikan pada saat perlombaan.

Rangkaian acara selanjutnya diselingi dengan penampilan Band Wildcard. Band tersebut membawakan beberapa lagu, salah satunya adalah Indonesia Pusaka dengan sangat apik. Lalu, pengumuman lomba pantun yang dimenangkan oleh X MIPA 2 (juara 1), XI IPS 3 (juara 2), dan XI MIPA 1 (juara 3). Selanjutnya, Penampilan dari band angkatan 21 yang menyanyikan lagu Tanah Air. Terakhir, final lomba cerdas cermat secara live. Lomba berjalan dengan sengit karena persaingan 4 peserta. Lomba ini dimenangkan oleh kelas X MIPA 2 (juara 1), XI MIPA 3 (juara 2), dan X IPS 1 (juara 3). Acara ini berakhir pada jam 11.00.

Lomba Cerdas Cermat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *